Windarti, Windarti (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Power Point Dan Outdoor Pada Siswa Kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (638kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (266kB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Pada observasi awal kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan-kelemahan, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media Power Point dan Outdoor dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa materi Pencemaran Lingkungan pada kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media Power Point dan Outdoor yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif, keaktifan dan angket afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif, nilai keaktifan dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 72,8 atau meningkat sebesar 16,03 dari nilai awal; ranah perilaku afektif = 94 (sangat tinggi); dan ranah keaktifan = 13,88 (aktif). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 82 (berhasil) atau meningkat sebesar 9,2 dari siklus I; ranah afektif = 99,88 (sangat tinggi) atau meningkat sebesar 5,8 dari siklus I; ranah keaktifan = 17,64 (sangat aktif) atau meningkat sebesar 3,76 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media Power Point dan Outdoor pada materi Pencemaran Lingkungan siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada penilaian aspek kognitif, aspek afektif dan aspek keaktifan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning, media Power Point, media Outdoor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 07:34 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 07:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21165 |
Actions (login required)
View Item |