Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Power Point Dan Outdoor Pada Siswa Kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Windarti, Windarti (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Power Point Dan Outdoor Pada Siswa Kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Pada observasi awal kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan-kelemahan, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media Power Point dan Outdoor dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa materi Pencemaran Lingkungan pada kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media Power Point dan Outdoor yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif, keaktifan dan angket afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif, nilai keaktifan dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 72,8 atau meningkat sebesar 16,03 dari nilai awal; ranah perilaku afektif = 94 (sangat tinggi); dan ranah keaktifan = 13,88 (aktif). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 82 (berhasil) atau meningkat sebesar 9,2 dari siklus I; ranah afektif = 99,88 (sangat tinggi) atau meningkat sebesar 5,8 dari siklus I; ranah keaktifan = 17,64 (sangat aktif) atau meningkat sebesar 3,76 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media Power Point dan Outdoor pada materi Pencemaran Lingkungan siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada penilaian aspek kognitif, aspek afektif dan aspek keaktifan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning, media Power Point, media Outdoor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Nov 2012 07:34
Last Modified: 13 Nov 2012 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21165

Actions (login required)

View Item View Item