MERIANI, Ajeng (2008) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) (STUDI KUASI EKSPERIMEN) SISWA KELAS IX F SMP N 2 COLOMADU TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040057.pdf Download (44kB) |
|
PDF
A420040057.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Studi Kuasi Eksperimen pada siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan dengan praktikum yang diawali pretest pada siklus pertama dan diakhiri posttest pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,121 atau meningkat sebesar 1,666 dari nilai awal; ranah afektif = 38,970 (termasuk kategori cukup berminat); ranah psikomotor = 9,212 (termasuk kategori cukup berhasil)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,455 atau meningkat sebesar 1,334 dari siklus I; ranah afektif = 40,636 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 1,667 dari siklus I; ranah psikomotor = 13,030 (termasuk kategori berhasil) atau meningkat sebesar 3,818 dari siklus I)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Studi Kuasi Eksperimen meningkatkan hasil belajar Biologi pada pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2007/2008.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat), Studi Kuasi Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 04 Jun 2009 08:54 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 01:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
View Item |