Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Guide Note Taking Dengan Media Pull-Tab Book Pada Pokok Bahasan Fotosintesis Siswa Kelas Viiif Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Kurniawan, Yulia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Guide Note Taking Dengan Media Pull-Tab Book Pada Pokok Bahasan Fotosintesis Siswa Kelas Viiif Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (811kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bb III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (844kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Fotosintesis dengan penggunaan strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rerata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 76,93 dari nilai awal sebesar 68,9; sedangkan nilai rerata afektif sebesar 3,02 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rerata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 81,17 dari siklus I yang hanya 76,93; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 3,53 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), Strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 06:57
Last Modified: 13 Nov 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item View Item