Nasution, Sariyani (2008) PENGARUH MINAT, GAYA BELAJAR DAN INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS II SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210040085.pdf Download (102kB) |
|
PDF
A210040085.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh minat terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (4) pengaruh minat, gaya belajar dan interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dan diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dengan skala 5, 4, 3, 2, 1. Angket sebelumnya diujicobakan (try out) dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,541 diterima pada taraf signifikansi 5%; (2) Gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,074 diterima pada taraf signifikansi 5%; (3) Interaksi belajar mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,252 diterima pada taraf signifikansi 5%; (4) Minat, gaya belajar, dan interaksi belajar mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 46,986 diterima pada taraf signifikansi 5% Persamaan regresi: Y = 4,937 + 0,128.X1 + 0,086.X2 + 0,0756.X3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh minat belajar, dan interaksi belajar mengajar dari siswa. Variabel minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 37,9% gaya belajar sebesar 35,8%, dan interaksi belajar mengajar sebesar 26,3% terhadap prestasi belajar akuntansi. Selanjutnya variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 30,2%, gaya belajar sebesar 28,5%, dan interaksi belajar mengajar sebesar 20,9% terhadap prestasi belajar akuntansi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: minat, gaya belajar, interaksi belajar mengajar, prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Jun 2009 08:44 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 01:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2112 |
Actions (login required)
View Item |