YULAIKAH , SITI (2008) PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310040059.pdf Download (154kB) |
|
PDF (fulltext)
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
Abstract
Siti Yulaikah. NIM: A.310040059, “Penggunaan Media Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008. 65 halaman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses hasil peningkatan menulis narasi menggunakan media karikatur, mengetahui hasil peningkatan kemampuan siswa dalam menulis narasi dengan menggunakan media karikatur, dan mengetahui sejauhmanakah persepsi dan kesan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media karikatur. Sasaran penelitian ini adalah adalah aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan tes. Tes dilaksanakan dua kali yaitu pada siklus pertama untuk mengukur kemampuan menulis narasi siswa menggunakan media karikatur dan siklus kedua untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahannya setelah siklus pertama. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan guru Bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil observasi. Observasi langsung dilakukan peneliti pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung di kelas. Pelaksanaan pembelajaran menulis narasi menggunakan media karikatur berjalan dengan lancar. Dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan rancangan tindakan yang telah disepakati dengan peneliti. Guru selalu memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa dalam pembelajaran menulis narasi sehingga kemampuan menulis narasi siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh dari nilai rata-rata pada siklus pertama 64,5 pada siklus kedua 71,4. Stimulasi yang diberikan guru berupa nilai tambah. Pemberian nilai tambah mampu membangkitkan minat siswa terhadap pembelajaran menulis narasi. Antusiasme siswa dalam menjawab pertanyaan lisan dari guru semakin meningkat. Selain itu dengan adanya rotasi posisi guru dalam pengecekan hasil pekerjaan siswa menjadikan tingkat kesalahan siswa dalam menulis semakin sedikit. Hal ini mengindikasikan efektifitas media karikatur untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, narasi, karikatur |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 04 Jun 2009 08:33 |
Last Modified: | 08 Apr 2011 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |