Aspek Gramatikal Dan Leksikal Dalam Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Karangan Dawud, Dkk Tahun 2004 Penerbit Erlangga

Rolasery, Titis (2012) Aspek Gramatikal Dan Leksikal Dalam Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Karangan Dawud, Dkk Tahun 2004 Penerbit Erlangga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan piranti kohesi gramatikal dan piranti kohesi leksikal pada wacana buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI karangan Dawud, dkk tahun 2004 penerbit Erlangga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat dan paragraf secara tertulis dalam wacana. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data yang tertulis yang berupa wacana dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas XI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik catat, pilih dan pilahan. Jenis teknik trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa frekuensi pemakaian aspek gramatikal yang sering muncul, yaitu pengacuan (referensi) (pengacuan persona, pengacuan demonstratif, dan pengacuan komparatif) sebanyak 65,13 %, substitusi (penyulihan) 1,29 %, pelesapan (elepsis) 1,29 %, dan perangkaian (konjungsi) 32,29 %. Aspek gramatikal keseluruhannya berjumlah 1.087 data; frekuensi pemakaian aspek leksikal yang sering muncul ada enam macam dengan hasil persentasenya, yaitu repetisi (pengulangan) sebanyak 55,94 %, sinonimi (padan kata) 11,39 %, antonimi (lawan kata) 17,82 %, kolokasi (sanding kata) 3,47 %, hiponimi (hubungan atas-bawah) 0,99 %, dan ekuivalensi (kesepadanan) 10,39 %. Aspek leksikal keseluruhannya berjumlah 202 data.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Gramatikal dan Leksikal, Wacana, Buku Teks Bahasa Indonesia.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2012 06:25
Last Modified: 10 Nov 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item