HALIMAH , TITIK ARIYANI (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310040076.pdf Download (50kB) |
|
PDF (fulltext)
SKRIPSI_TITIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
Abstract
Titik Ariyani Halimah. NIM : A 310 040 076, “Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa Kelas X SMK Muhammadiyah I Surakarta”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008. 71 Halaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi, memperoleh informasi tentang keaktifan siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Surakarta dalam menulis deskripsi, dan mengetahui persepsi atau tanggapan siswa terhadap pendekatan CTL dalam pembelajaran menulis deskripsi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X F SMK Muhammadiyah I Surakarta yang memiliki 24 siswa putra. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan di dalam kelas, tes dan dokumentasi. Observasi langsung dilakukan penelitian untuk mengamati perkembangan pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa didalam kelas. Catatan di dalam kelas dilakukan dengan mencatat apa yang didengar, dilihat, dialami dan dipikirkan di dalam kelas yang dikumpulkan sebagai data. Tes dilakukan sebelum dan sesudah tindakan dengan pembelajaran CTL. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama-nama dan nomor absen siswa yang menjadi subyek penelitian. Pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berjalan dengan lancar, guru menetapkan rancangan tindakan yang telah disepakati dengan penelitian guru selalu memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi sehingga kemampuan menulis deskripsi siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh dari nilai rata-rata pada siklus pertama 61 & pada siklus kedua 73. antusisame siswa dalam menjawab pertanyaan lisan dari guru semakin meningkat. Selain itu dengan adanya rotasi posisi guru dalam pengecekan hasil pekerjaan siswa menjadikan tingkat kesalahan siswa dalam menulis semakin sedikit. Hal ini mengindikasikan efektifitas pendekatan CTL dapat meningkat ketrampilan menulis deskripsi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, deskripsi, CTL. |
Subjects: | P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 04 Jun 2009 08:25 |
Last Modified: | 11 Dec 2014 12:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
View Item |