Susanti, Susanti (2012) Analisis Tindak Tutur Wacana Iklan Dalam Majalah Genie Edisi November 2011 (Tinjauan Pragmatik). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (575kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Daftar PUstaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL_ILMIAH.pdf Download (489kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan jenis-jenis tindak tuturwacana iklan yang terdapat dalam majalah Genie, dan(2) mendeskripsikan maksud yang terkandung di dalam tindak tutur pada wacana iklan yang terdapat dalam majalah Genie. Manfaat penelitian ini adalah menambah kajian analisis pragmatik dan akan diketahui pemakaian tindak tutur dalam wacana iklan pada majalah Genie edisi November 2011. Dengan hasil diskripsi data dari wacana iklan yang dianalisis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskritif yaitu dengan teknik simak kemudian melakukan teknik catat selanjutnya data diklasifikasikan dan dianalisis, akhirnya disimpulkan. Objek dalam penelitian ini difokuskan pada tindak tutur dalam wacana iklan pada majalah Genie edisi November 2011. Data yang akan dianalisis sebanyak 18 data, sumber data diambil dari wacana iklan dalam majalah Genie. Penyajian hasil analisis menggunakan metode formal dan informal yaitu menggunakan lambang-lambangdan kata-kata biasa. Berdasarkan analisis tindak tutur wacana iklan dalam majalah Genie Edisi November 2011 adalah Tindak tutur langsung (kalimat berita, tanya, perintah), lokusi, representatif, dan direktif. Tindak tutur ini digunakan penulis (O1) untuk menginformasikan/menyatakan maksud secara langsung. Maksud yang disampaikan sesuai apa yang dikatakan penulis (O1) melalui tuturan dalam wacana iklan pada majalah Genie. Tindak tutur tidak langsung (kalimat berita), ilokusi, perlokusi. Tindak tutur ini digunakan penulis (O1) untuk menyampaikan maksud atau pesan kepada pembaca (O2) secara tidak langsung atau tersirat. Maksud/ pesan yang disampaikan kepada pembaca (O2) melalui tindak tutur ini biasanya berisi perintah/menyuruh, mempengaruhi, secara tidak langsung/tersirat sesuai apa yang dikatakan penulis (O1) melalui tuturan dalam wacana iklan pada majalah Genie. Maksud atau tujuan penulis untuk menyampaikan ide/gagasan, menginformasikan, memohon/menyuruh, dan mengkritik/menyindir tercipta jelas melalui tindak tutur-tindak tutur yang digunakan oleh penulis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur, wacana, iklan, dan majalah Genie |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2012 05:52 |
Last Modified: | 08 Nov 2012 05:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21020 |
Actions (login required)
View Item |