SUBEKTI, ANDRIAWAN (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gatak Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
Jurnal_Penelitian.pdf Download (379kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2010/2011 melalui praktek pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 33 orang siswa. Data tentang prestasi belajar diperoleh dengan metode tes dan data tentang pelaksanaan pembelajaran Two Stay Two Stray diperoleh dengan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan indikator pencapaian jika 75% siswa sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka penelitian dinyatakan sudah berhasil. Nilai KKM mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Gatak adalah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2010/2011. Nilai ketuntasan klasikal pada prestasi belajar ekonomi siswa meningkat dari 57,6 pada kondisi awal menjadi 69,3 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 81,8 pada akhir siklus II, dan mencapai 92,2 setelah siklus III. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran Cooperative Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran ekonomi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran cooperative, two stay two stray, prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 11:46 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 12:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21010 |
Actions (login required)
View Item |