Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Siswa Pada Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Basar, Saiful (2012) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Siswa Pada Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
9rr.Jurnal_Penelitian.pdf

Download (137kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh persepsi siswa pada penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi siswa pada penggunaan metode pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 133 orang siswa yang terdiri 4 kelas. Sampel yang diambil sebesar 67 orang siswa (50%) dari populasi. teknis penentuan sampel dengan proporsional random sampling (sampel acak proporsional). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 59,706 + 0,636.X1 + 0,546.X2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan persepsi siswa yang terbentuk terkait dengan penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Nilai thitung sebesar 5,815 > ttabel (2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 36,6%; 2) Persepsi siswa pada penggunaan metode pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Nilai thitung sebesar 4,553 > ttabel (2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi persepsi siswa pada penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 26,5%; 3) Lingkungan keluarga dan persepsi siswa pada penggunaan metode pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 54,693 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi siswa pada penggunaan metode pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 63,1% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Sedangkan 36,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya motivasi belajar, minat, sarana belajar, bimbingan guru, bimbingan orang tua, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa Pada Penggunaan Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 11:23
Last Modified: 18 Nov 2019 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21004

Actions (login required)

View Item View Item