Prihatin, Eko (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Maps Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (723kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB__I.pdf Download (224kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (721kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi pajak dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksnakan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; (4) refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 33siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran Mind Maps pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: 1) motivasi belajar siswa sebelum tindakan kelas, tekun mengerjakan soal yang diberikan guru 14 siswa(42,2%), dapat mempertahankan pendapatnya 17 siswa(51,1%), menanyakan apa yang belum jelas 13 siswa(39,4%), senang mencari dan memecahkan soal-soal 7siswa (21,2%), setelah tindakan siklus I, siswa yang tekun mengerjakan soal yang diberikan oleh guru 20siswa (60,6%), dapat mempertahankan pendapatnya 19siswa (57,6%), menanyakan apa yang belum jelas 25siswa (75,8%), senang mencari dan memecahkan soal-soal 9 siswa (27,3%), dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi siswa yang tekun mengerjakan soal yang diberikan guru 25siswa (75,8%), dapat mempertahankan pendapatnya 22siswa(66,7%), menanyakan apa yang belum jelas 29siswa (87,9%),senang mencari dan memecahkan soal-soal 13siswa (39,4%). (2) prestasi belajar siswa pra siklus siswa yang belum tuntas 28 (84,4%), yang tuntas 5 siswa ( 15,5% ) setelah tindakan siklus I siswa yang belum tuntas menjadi 18 siswa ( 54,5% ) dan siswa yang tuntas 15 siswa ( 45,5%). Setelah tindakan siklus II siswa yang belum tuntas menjadi 7 siswa ( 21,3% ) dan yang tuntas menjadi 26siswa (78,8% ).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Mind Maps, Motivasi belajar siswa, prestasi belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 06:09 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 06:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20984 |
Actions (login required)
View Item |