Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Haryani, Erna Fitri (2012) Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (556kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII? 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII? 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 259 siswa dalam mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2012. Sampel diambil sebanyak adalah 155 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = -2,295 + 1,023 X1 + 1,754 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kreativitas dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,557 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 25,99%. 2) “ Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 11,805 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 43,81%. 3) “ Ada pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 179,308 > 3,06 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,698 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII adalah sebesar 69,8%, sedangkansisanya 30,2% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya atau yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas , Motivasi belajar, Prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Nov 2012 05:39
Last Modified: 07 Nov 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item View Item