Yuli Budi Utomo , Pakem (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Menulis Pengumuman Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Kelas IV SDN Semampir Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03--HAL_DEPAN.pdf Download (388kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04--BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Bab II)
05--BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab III)
06--BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab IV)
07--BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
||
PDF (Bab V)
08--BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09--DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Lampiran)
10--LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02--NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (435kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV dengan metode (Mind Mapping). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Semampir yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang meningkat dari siklus I pertemuan I dan pertemuan II serta siklus II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebesar 68% atau 17 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 76% atau 19 siswa sehingga dapat di peroleh rata-rata pada siklus I sebesar 72% atau 18 siswa yang tuntas serta pada siklus II pertemuan I sebesar 76% atau 19 siswa, pada siklus II pertemuan II sebesar 92 % atau 23 siswa sehingga dapat di peroleh rata-rata pada siklus II sebesar 84% atau 21 siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode (Mind Mapping) mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar Bahasa Indonesia, metode Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 03 Nov 2012 06:16 |
Last Modified: | 03 Nov 2012 06:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20944 |
Actions (login required)
View Item |