Penggunaan Media Realita Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Sundoluhur 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Darwati, Darwati (2012) Penggunaan Media Realita Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Sundoluhur 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Siswa, melalui media realita. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sundoluhur 02 yang berjumlah 36 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas belajar siswa dalam belajar matematika. Adapun peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung yang meningkat dalam kualitas belajar pada siklus I sebesar 55,5% atau 20 Siswa dan pada siklus II sebesar 88,8% atau 32 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media realita mampu meningkatkan kualitas belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas-pembelajaran, matematika, media-realita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2012 11:23
Last Modified: 02 Nov 2012 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item