MAFAZA , MUTIA (2012) Peningkatan Aktifitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaan Riil Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sumbersari 01 Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal depan)
halaman_depan.pdf Download (476kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media riil. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan kepala sekolah SD Sumbersari 01. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini melalui tahap, refleksi awal dan analisis pencarian data. Proses penelitian meliputi dua siklus, yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu ;perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peniningkatan aktiftas siswa matematika. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: keharidaran siswa, ketertarikan siswa dalam pembelajaran, kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan, keaktifan siswa dalam berfikir, keberanian siswa maju ke depan kelas, keingin tahuan siswa yang meningkat, dan kemampuan siswa menguasai konsep keliling dan luas segitiga dan jajargenjang. Pada tahap pra siklus dilketahui aktifitas siswa rendah dengan rata-rata persentase aktifitas siswa dibawah 39%. Pada siklus I terdapat peresentase aktifitas sedikit meningkat pada tahap baik dengan nilai persentase keaktifan 73% dan pada siklus II keaktifan siswa sangat baik dengan persentase keaktifan 82% . Hal ini membuktikan adanya kenaikan aktifitas belajar yang meningkat bagi siswa dengan penggunaan media riil.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, aktifitas-pembelajaran matematika, media- riil |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2012 11:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2012 11:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20917 |
Actions (login required)
View Item |