PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALI JAMBE SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012

Sari, Dita Ravika (2012) PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALI JAMBE SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (326kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 3) Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen sebanyak 128 siswa. Sampel diambil sebanyak 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,380 + 0, 283 X1 + 0, 193 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,831 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 18,41%. 2) “ Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,489 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan efektif sebesar 16,39%. 3) “ Ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,137 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,348 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 34,8%, sedangkan 65,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kecerdasan emosional, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2012 11:45
Last Modified: 30 Oct 2012 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20893

Actions (login required)

View Item View Item