Mulyanti,, Tri (2012) Peningkatan Kemampuan Divergent Thinking Dengan Menerapkan Pendekatan Modified Free Inquiry Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIE SMP Negeri 5 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan,_dll.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_Q.pdf Download (609kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: Pendekatan modified free inquiry dapat meningkatkan kemampuan divergent thinking siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi tindakan, refleksi dan evaluasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus ke-tiga, siswa aktif bertanya untuk materi yang belum jelas sebanyak 58.3% dari 13.8% sebelum tindakan, siswa yang mengungkapkan ide atau gagasansebanyak 52.7% dari 16,6%, siswa yang menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri sebanyak 41.6% dari 8.33%, siswa aktif menyelesaikan soal matematika sebanyak 88.8% dari 36.11 %. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan divergent thinking siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan modified free inquiry.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | divergent thinking, modified free inquiry |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 Oct 2012 07:30 |
Last Modified: | 30 Oct 2012 07:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20884 |
Actions (login required)
View Item |