Hubungan Intensitas Menonton Televisi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sd Muhammadiyah Program Khusus Surakarta

DENIARTI, SISKA AYU and , Irdawati, Skep, Ns. M.Si, Med and , Okti Sri Purwanti, S.Kep, Ns (2012) Hubungan Intensitas Menonton Televisi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sd Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (286kB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu tek nologi yang memiliki pengaruh besar diberbagai kalangan, salah satunya anak usia sekolah. Televisi mempunyai dampak positif dan negative. Dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi adalah berkurangnya jam tidur anak maupun frekuensi terbangun pada tidur malam. Dampak positif dari menonton televisi adalah mengambil manfaat berupa pengetahuan dari televisi sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui ada tidaknya hubungan intensitas menonton televisi dengan prestasi belajar siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Jenis penelitian adalah deskriprif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden penelitian sebanyak 53 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling . Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Uji hipotesis penelitian menggunakan chi square test. Hasil penelitian intensitas menonton televisi menunjukkan menunjukkan 19 siswa menonton televisi selama < 2 jam, 17 siswa menonton televisi 2 - < 3 jam dan 17 siswa menonton televisi selama ≥ 3 jam. Hasil prestasi belajar menunjukkan 37 resoponden mempunyai prestasi belajar baik, dan 16 responden mempunyai prestasi belajar kurang baik. Ha sil uji chi Square diperoleh nilai nilai x2 sebesar 9,752 dengan signifikansi p = 0,008 (p<0,05). Hasil uji tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan intensitas menonton televisi dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intensitas menonton televisi, prestasi belajar, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 29 Oct 2012 12:56
Last Modified: 21 Apr 2016 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item