Pengelolaan Administrasi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan

Triarso, Triarso (2012) Pengelolaan Administrasi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan administrasi kesiswaan di SD Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. (2) Untuk mendeskripsikan administrasi pembelajaran di SD Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. (3) Untuk mendeskripsikan administrasi bimbingan dan konseling di SD Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian dilakukan di SD Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Metode analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Administrasi kesiswaan bertujuan untuk mengatur kegiatan siswa dari mulai masuk sekolah sampai lulus sekolah, meliputi perencanaan dan masa orientasi siswa. Proses pengaturan evaluasi siswa dijadwalkan dalam bentuk kalender akademik dan diatur dalam tata tertib siswa. Pengaturan organisasi sekolah dan layanan siswa diatur melalui surat keputusan kepala sekolah. (2) Administrasi pembelajaran merupakan bukti tertulis bagi guru kalau sudah melaksanakan tugasnya dengan profesional, dan merupakan tanggung jawab guru sebagai jabatan fungsional. Administrasi pembelajaran meliputi program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen evaluasi pembelajaran, dan disusun oleh. (3) Administrasi bimbingan konseling berupa catatan catatan laporan masalah siswa, dalam bentuk buku, dan formulir

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: administration, student affairs, learning, guidance counseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 25 Oct 2012 06:40
Last Modified: 25 Oct 2012 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20866

Actions (login required)

View Item View Item