Pengelolaan Pembelajaran Omeschooling (Studi Situs Di Homescooling Primagama Yogyakarta)

Husna, Farah (2012) Pengelolaan Pembelajaran Omeschooling (Studi Situs Di Homescooling Primagama Yogyakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (bab 6)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
9._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (lampiran)
9a._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Ingin mengetahui karakteristik mengelola kelembagaan homeschooling di Lembaga Homeschooling Primagama Yogyakarta (2) Ingin mengetahui karakteristik interaksi pembelajaran homeschooling di Lembaga Homeschooling Primagama (3) Ingin mengetahui hubungan lembaga homeschooling dengan orang tua siswa di Lembaga Homeschooling Primagama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Lokasi penelitian di Homeschooling Primagama Yogyakarta. Narasumber dalam penelitian ini adalah direktur dan guru lembaga Homeschooling Primagama Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan pengaturan data, proses penganalisisan, sajian data, penarikan simpulan (verifikasi), penyusunan kesimpulan. Analisis data yang digunakan metode analisis data di dalam situs dapat digunakan selama atau sesudah pengumpulan data, tetapi biasanya cenderung menjadi sangat bermanfaat bilamana dasar datanya lengkap, serta penelitian berada dalam tahapan analisis dan penulisan final. Model penyajian yang khas adalah dalam bentuk teks naratif. Keabsahan data dilakukan dengan pemakaian waktu peneliti di lapangan diusahakan dapat berjalan secara efektif, trianggulasi, ketergantungan, konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah:1) Karakteristik pengelolaan kelembagaan homeschooling meliputi: pendidikan kebutuhan masyarakat, sekolah alternatif, anak berkebutuhan khusus, pengembangan sekolah nonformal dengan kurikulum Sistem Pendidikan Nasional, lembaga fleksibel, layanan individu siswa, secara akademik lebih terstruktur, pengembangan akademik dan bakat anak, pendekatan aspek psikologi anak. 2) Interaksi pembelajaran homeschooling meliputi: KTSP, konsep learn how to learn, guru dan jam belajar menyesuaikan kebutuhan anak, pelaksanaan pembelajaran @ 2 jam/mata pelajaran, proses belajar mengajar tiap hari senin-sabtu mulai pukul 08.00-17.00, pembelajaran individu atau kelompok, Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan, pembelajaran komunitas satu minggu sekali, raport bersifat kualitatif dan kuantitatif, metode hypnotherapy, kegiatan fieldtrip dan outbond. 3) Hubungan lembaga homeschooling dengan orang tua siswa meliputi: pertemuan dengan orang tua (parent meeting) dilaksanakan tiga-empat bulan sekali, kegiatan Home Visit dua bulan sekali, dalam proses pembelajaran orang tua, lembaga, dan anak terlibat, menyebar angket untuk orang tua dalam rangka untuk mengetahui perkembangan anak, keikutsertaan orangtua dalam kegiatan anak, terdapat 16 cabang lembaga Homeschooling Primagama di pulau Sumatra dan pulau Jawa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, interaksi pembelajaran, hubungan orang tua, lembaga Homeschooling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 24 Oct 2012 10:58
Last Modified: 24 Oct 2012 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20846

Actions (login required)

View Item View Item