Wahyudi, Lorentius Edy (2012) Pengelolaan Pendidikan Nilai Dalam Proses Pembelajaran Studi Situs di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (358kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Lampiaran)
Lampiran_Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Model pendidikan nilai dalam proses pembelajaran di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang. (2) Peran kepala sekolah dan guru dalam pendidikan nilai pada proses pembelajaran di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang.(3) Karakteristik siswa yang mengalami pendidikan nilai dalam proses pembelajaran di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, siswa dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisa data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Pendekatan pendidikan nilai dalam proses pembelajaran di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang terintegrasi dengan seluruh mata pelajaran, terutama tiga mata pelajaran yaitu Agama, PKn, dan juga Bimbingan Konseling. Kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas namun juga diluar kelas seperti kegiatan kegiatan pramuka, outbond, dan juga kegiatan talkshow. Dalam kegiatan pembelajaran untuk penanaman pendidikan nilai, sekolah membuat kegiatan pembiasaan, dan juga tata tertib. Beberapa ahli juga didatangkan untuk mengisi kegiatan pembelajaran seperti dokter, polisi, ahli IT dan juga rohaniawan. (2) Peran kepala sekolah dan guru dalam pendidikan nilai dalam proses pembelajaran di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang memiliki kompetensi yang baik. Adapun kompetensi yang dimiliki guru dalam pendidikan nilai adalah kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Guru mengetahui perkembangan kepribadian, dan tingkah laku siswa dengan melakukan pengamatan yang diwujudkan dalam laporan di akhir semester. Guru berperilaku luhur dan menjadi teladan bagi siswa dengan menunjukkan sikap tertib, bertanggung jawab, disiplin, peka terhadap lingkungan, dan kesediaan membantu (helpfulness). (3) Karakteristik siswa yang mengalami pendidikan nilai dalam proses pembelajaran di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang berperilaku baik. Siswa mentaati tata tertib sekolah seperti disiplin waktu, mengerjakan tugas, dan juga tidak mencontek. Siswa memiliki sikap harmonis yang tinggi tidak membedakan teman, dan memiliki sikap peduli sosial yang baik. Siswa aktif dalam kegiatan pendidikan nilai dengan bertanya kepada guru dan juga terlibat dalam pembelajaran pendidikan nilai diluar kelas seperti retret, outbond, talkshow, dan kegiatan pramuka.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan nilai, pendekatan, guru, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Oct 2012 13:08 |
Last Modified: | 23 Oct 2012 13:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20840 |
Actions (login required)
View Item |