Sukendar, Sukendar (2012) Strategi Pembelajaran Interaksi Sosial sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (15kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_AK_SUKENDAR.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi strategi pembelajaran interaksi sosial mata pelajaran Penddikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2011, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi Strategi Pembelajaran Interaksi Sosial sebagai upaya untuk meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2011 3) Untuk mendeskripsikan peningkatan Prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2011 setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Interaksi Sosial Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, pengamatan (observasi), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data Constant Comparative Method. Hasil penelitian: Pelaksanaan PTK dengan implementasi strategi interaktif drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terbukti nilai yang diperoleh dari beberapa tahap ada peningkatan yaitu pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 80 sebanyak 2 siswa pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 80 sebanyak 10 siswa. Dibandingkan kondisi awal dengan setelah diimplementasikannya strategi pembelajaran interaksi sosial terdapat penurunan siswa yang mendapatkan nilai 60-69 sebanyak 25 siswa atau 69,44%, terdapat peningkatan siswa yang menadapat nilai 70-79 yaitu sebanyak 14 orang siswa atau 38,88% dan peningkatan siswa yang mendapat nilai 90-100 sebanyak 7 orang atau 19,44%. . Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi strategi pembelajaran interaksi sosial mata pelajaran Penddikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2011, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi Strategi Pembelajaran Interaksi Sosial sebagai upaya untuk meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2011 3) Untuk mendeskripsikan peningkatan Prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2010/2011 setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Interaksi Sosial Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, pengamatan (observasi), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data Constant Comparative Method. Hasil penelitian: Pelaksanaan PTK dengan implementasi strategi interaktif drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terbukti nilai yang diperoleh dari beberapa tahap ada peningkatan yaitu pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 80 sebanyak 2 siswa pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 80 sebanyak 10 siswa. Dibandingkan kondisi awal dengan setelah diimplementasikannya strategi pembelajaran interaksi sosial terdapat penurunan siswa yang mendapatkan nilai 60-69 sebanyak 25 siswa atau 69,44%, terdapat peningkatan siswa yang menadapat nilai 70-79 yaitu sebanyak 14 orang siswa atau 38,88% dan peningkatan siswa yang mendapat nilai 90-100 sebanyak 7 orang atau 19,44%. .
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi interaksi sosial, PKn, drama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Oct 2012 10:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2012 10:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20829 |
Actions (login required)
View Item |