Dampak Wacana Redenominasi Terhadap Harga Saham (Study Kasus Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) Yoyok Prasetyo Utomo

Suciati, Muslikah (2012) Dampak Wacana Redenominasi Terhadap Harga Saham (Study Kasus Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) Yoyok Prasetyo Utomo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Sampul.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bba IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (762kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada atau tidaknya reaksi pasar yang diakibatkan oleh peristiwa pengumuman wacana redenominasi dan (2) mengetahui perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman wacana redenominasi. Hasil penelitian diharapkan sebagai bahan instrospeksi berkaitan dengan para pelaku pasar serta kepada para investor mengenai investasi yang bisa memberikan abnormal return di sekitar pengumuman wacana redenominasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, karena datanya berupa angka dan analisisnya menggunakan statistik inferensial untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2010, sedangkan dengan teknik purposive sampling maka diperoleh 34 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata abnormal return saham sebelum wacana redenominasi adalah 0,00238, kemudian mengalami penurunan abnormal return saham sesudah wacana redenominasi menjadi 0,00054. Sehingga pasar bereaksi terhadap peristiwa pengumuman wacana redenominasi. Hasil pengujian dengan independen sample t test diperoleh nilai thitung sebesar 0,377 dengan p= 0,716. Dikarenakan p = 0,716 > 0,05; maka Ho diterima; artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return saham sebelum dan sesudah wacana redenominasi atau berarti juga bahwa wacana redenominasi tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: redenominasi, abnormal return, saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2012 07:56
Last Modified: 22 Oct 2012 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20787

Actions (login required)

View Item View Item