Sutikno, Sutikno (2012) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Budaya Lokal (Studi Situs di SMP Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.Hal_Depan.pdf Download (450kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._TESIS__BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
3._tesis_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab III)
4._TESIS__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._TESIS_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab V)
6._tesis__Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (Bab VI)
7._tesis__bab_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
12._naskah_publikasi.pdf Download (306kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Karakteristik Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Budaya Lokal di SMP Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora. Secara spesifik bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Karakteristik pengelolaan ruang pembelajaran Bahasa Jawa berbasis budaya lokal. 2) Karakteristik pengelolaan materi pembelajaran Bahasa Jawa berbasis budaya lokal. 3) Karakteristik pengelolaan interaksi pembelajaran Bahasa Jawa berbasis budaya lokal di SMP Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain etnografi dengan lokasi di SMP Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Informan penelitian ini 1) kepala sekolah, 2) wakil kepala sekolah bidang akademik, 3) guru Bahasa Jawa, 4) guru, 5) siswa. Peristiwanya adalah proses pembelajaran Bahasa Jawa. Dokumen penelitian adalah dokumen yang berkaitan dengan catatancatatan, foto‐foto, dan dokumen lain. Data‐data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian, 1) Pengelolaan ruang pembelajaran Bahasa Jawa terbukti efektif dengan adanya kelompok kerja dan tutor sebaya, tersedianya papan majalah dinding kelas, dan penggunaan ruang karawitan untuk belajar nembang. 2) Pengelolaan materi pembelajaran Bahasa Jawa dilakukan dengan memakai materi hasil penyusunan dari tim MGMP Kabupaten. Bagi Bahasa Jawa yang bukan dari basik mata pelajaran Bahasa Jawa selalu berkoordinasi dengan guru yang berbasik Bahasa Jawa guna mengatasi kesulitan dalam menguasai materi. Peningkatan dan pengembangan materi kesastraan dan budaya lewat kegiatan ekstra kurikuler.3)Interaksi pembelajaran Bahasa Jawa terjalin dengan harmonis, Penerapan Unggahungguh dalam berbahasa Jawa sudah baik dan benar. Guru dengan peserta didik menggunakan ragam ngoko, peserta didik dengan guru menggunakan ragam krama inggil. Guru aktif membimbing siswa dalam berkomonikasi dengan menggunakan Bahasa Jawa, baik di dalam pembelajaran atau di luar pembelajaran. Guru membangun semangat belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, bahasa jawa, budaya lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 22 Oct 2012 07:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2012 07:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20784 |
Actions (login required)
View Item |