Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Genius Learning Strategy(PTK pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo)

Noviawati., Dewi (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Genius Learning Strategy(PTK pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan genius learning strategy. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan strategi genius learning strategy yang dilakukan dalam dua siklus. Pada penelitian tindakan ini penulis melibatkan diri dan mengevaluasi diri dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat diketahui dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika yang sedang berlangsung. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan metode observasi, yaitu suatu pedoman yang dipergunakan untuk mendapatkan data selama observasi dilaksanakan. Selain itu tindakan dilakukan melalui pembelajaran dan diakhiri dengan tes pada setiap akhir siklusnya. Hasil penelitian ini yaitu 1) adanya peningkatan kualitas proses belajar siswa dalam pembelajaran matematika meliputi a) keberanian mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan 7,5% meningkat menjadi 12,5% b) keaktifan siswa mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat menjadi 17,5% c) keberanian siswa menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan 15% menurun menjadi 12,5% d) kerjasama daam kelompok sebelum dilakukan tindakan 65% menurun menjadi 57,5%. 2) adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas 60 sebelum dilakukan tindakan 52,5% meningkat menjadi 82,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi genius learning strategy dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Genius Learning Strategy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 22 Oct 2012 06:53
Last Modified: 22 Oct 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item