KAJIAN PEMIKIRAN ISLAM ANTARA SOPHIA PERENNIAL DAN TEOLOGI GLOBAL (Kritik Pemikiran Pluralisme Dalam Jaring Laba-Laba Amin Abdullah)

Ngatmin, Ngatmin (2012) KAJIAN PEMIKIRAN ISLAM ANTARA SOPHIA PERENNIAL DAN TEOLOGI GLOBAL (Kritik Pemikiran Pluralisme Dalam Jaring Laba-Laba Amin Abdullah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_I_Pendahuluan.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II_Biografi_Amin_Abdullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III_Konstruks_Jaring_Laba-laba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab_IV_Pluralisme_Global_dan_Perrenial-rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V_Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (385kB)

Abstract

Kajian pemikiran Islam tentang pluralisme agama dalam penelitian ini terdiri atas sophia perennial dan teologi global. Sophia perennialisme berbasis spiritual, yaitu kajian agama yang terdapat tradisi-tradisi sakral yang perlu dihidupkan dan tanpa adanya truth claim terhadap agama lain. Agama bagi aliran ini bagaikan “jalan-jalan yang mengantarkan ke puncak yang sama.” Sedangkan teologia global mengarahkan pada argumentasi rasional, yang menawarkan identitas kultural, kepercayaan dan agama harus disesuaikan dengan zaman modern. Agama-agama itu berevolusi dan nantinya akan saling mendekat pada akhirnya melebur menjadi satu. Berdasarkan pemikiran tersebut, tujuan penelitian adalah menguraikan dua konsep pluralisme, sophia perennialis dan teologi global, bagaimana korelasi keduanya dalam pemikiran Amin Abdullah, serta bagaimana kedua pemikiran tersebut dikembangkan Amin Abdullah dalam jaring laba-laba. Sedangkan metode dalam penelitian adalah metode penelitian bibliografis dan kualitatif. Karena itu sepenuhnya bersifat library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan interpretatif dan analisis kritis. Adapun metode korespondensi dan koherensi untuk digunakan sebagai data analisis kritis. Adapun hasil penelitian adalah menjelaskan dua bentuk pemikiran pluralisme, yaitu sophia perennial dan teologi global yang disatukan oleh Amin Abdullah secara paralel. Sophia perennialis digagas oleh Frithjof Schuon yang dikembangkan Sayyed Hossein Nasr dengan al-hikmah al-khalidah dan teologi global yang diusung oleh Wilfred C. Smith yang dikembangkan oleh John Hick. Amin Abdullah dalam jaring laba-laba, mengembangkan konsep sophia perennialis sebagai dimensi ontologis (hakekat keagamaan), sedangkan konsep teologi global dijadikan sebagai dimensi epistemologis atau basis keilmuan. Pluralisme Amin Abdullah diarahkan ke dalam kurikulum pendidikan agama pada perguruan tinggi dengan menggunakan skema jaring laba-laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pluralisme Agama, Sophia Perennialisme, Teologi Global
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2012 11:42
Last Modified: 18 Oct 2012 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20751

Actions (login required)

View Item View Item