Wagiman, Wagiman (2012) Hubungan Bimbingan Orang Tua dan Metode Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Penda Tawangmangu. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL_ILMIAH.pdf Download (128kB) |
Abstract
Metode mengajar guru sebagian besar menggunakan metode mengajar konvensional yang membuat siswa merasakan kebosanan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Metode konvensional yang dilakukan oleh kebanyakan guru adalah melalui metode ceramah. Metode seperti ini dapat menimbulkan kebosanan belajar oleh siswa, untuk itu diperlukan bimbingan orang tua dalam kembali menggairahkan belajar anak, namun apakah orangtua sudah memberikan bimbingan yang baik terhadap anaknya, dan apakah guru sudah menerapkan metode mengajar yang bermutu yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orangtua dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar pada siswa SMP PENDA Tawangmangu. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan antara bimbingan orangtua dan metode mengajar guru dengan prestasi belajar siswa SMP. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP penda se- Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012, jumlah siswa yang menjadi populasi adalah 418 siswa. Sampel dalam penelitian ini merupakan Cluster Random sampling, sekolah SMP PENDA Tawangmangu diambil 191 siswa sebagai sampel dari semua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan variabel penelitian terdiri dari prestasi belajar, bimbingan orang tua, dan metode mengajar guru. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi, uji t, dan uji R2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,472 Fregresi = 27,000 ; p < 0,01, hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan antara bimbingan orang tua dan metode mengajar guru dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis korelasi diperoleh nilai korelasi rx1y = 0,4001; p-value = 0,000 < 0,01. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “Ada hubungan yang positif antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar”, dapat diterima. Hasil analisis diperoleh nilai korelasi rx2y = 0,261; p-value = 0,000 < 0,01. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “Ada hubungan yang positif antara metode mengajar guru dengan prestasi belajar anak”, dapat diterima
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan orang tua, metode mengajar guru, prestasi belajar siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 18 Oct 2012 07:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2012 07:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20748 |
Actions (login required)
View Item |