Pengelolaan Pembelajaran Ips Berbasis Strategi Contextual Teaching Learning (Studi Situs Di Sd Negeri 2 Temurejo Karangrayung Grobogan)

RUSMINI , SITI (2012) Pengelolaan Pembelajaran Ips Berbasis Strategi Contextual Teaching Learning (Studi Situs Di Sd Negeri 2 Temurejo Karangrayung Grobogan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran IPS berbasis strategi CTL di SD Negeri 2 Temurejo, Karangrayung Grobogan. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 2 Temurejo, Karangrayung Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah: (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan pengembangan kurikulum dan silabus, dilakukan guru yang memuat identitas. Rencana pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis CTL, direncanakan dengan menggunakan strategi CTL yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir pembelajaran. Pada tahap awal pembelajaran guru sering mengabaikan pre test, post test, dan mengaitkan dengan materi sebelumnya serta menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan mendatang. Guru cenderung langsung pada inti pembelajaran saja tanpa melihat kondisi pemahaman siswa terhadap materi sebelumnya dan mencoba mengaitkan dengan materi yang akan disampaikan. (3) Evaluasi dalam proses pembelajaran berupa pretest dan post test tidak selalu dilakukan oleh guru. Evaluasi dilakukan dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan umum yang bersifat menyeluruh untuk mengetahui hasil belajar. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai dasar kenaikan kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi monitoring, pembelajaran berbasis CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2012 10:56
Last Modified: 17 Oct 2012 12:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item