Triyono, Triyono (2012) Studi Kompetensi Guru Pai Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah (Studi Di Smk Negeri 1 Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-NOTA-TESIS.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI__TESIS.pdf Download (125kB) |
Abstract
Kompetensi guru merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting. Bila kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya pun tidak akan optimal. Guru agama, disamping melaksanakan tugas keagamaan, ia juga melaksanakan tugas pendidikan dan pembinaan bagi peserta didik. Guru agama juga membantu pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak disamping menumbuhkan dan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Dengan tugas yang cukup berat tersebut, guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas pembelajaran yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kompetensi yang dimiliki guru pendikan agama Islam (PAI), mendiskrisikan usaha-usaha yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam, mendiskripsikan hambatan-hambatan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran agama di sekolah. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara,penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik analisi data dengan model analisis interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan agama Islam yang bermutu dibutuhkan kompetensi guru yang memadai. Dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah ditempuh dengan perencanaan pengajaran, pemanfaatan media belajar, metode pengajaran, serta evaluasi. Hambatan yang paling utama dalam pembelajaran PAI adalah minimnya jumlah jam pelajaran dan terbatasnya sarana dan prasarana belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi guru, mutu pendidikan, pembelajaran pendidikan agama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 17 Oct 2012 10:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2012 12:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20727 |
Actions (login required)
View Item |