Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Berdiferensiasi Pada Kelas Akselerasi Sd Al-Irsyad 02 Cilacap

Istiadi, Ariawan (2012) Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Berdiferensiasi Pada Kelas Akselerasi Sd Al-Irsyad 02 Cilacap. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Berdiferensiasi pada Kelas Akselerasi SD Al-Irsyad 02 Cilacap. Program Studi Magister Pendidikan Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Sebagai seorang pendidik program akselerasi, penulis ingin mengetahui model Sekolah dengan program akselerasi. Adapun tinjauanya adalah dari aspek kurikulum berdiferensiasi yang meliputi perencanaan pembelajaran, model pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran siswa, dan layanan khusus bagi siswa cerdas istimewa. Selain itu penulis juga ingin mengetahui bagaimanakah implementasi kurikulum berdiferensiasi pada program akselerasi dapat meningkatkan mutu pendidikan di SD Al-Irsyad 02 Cilacap. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi di SD Al-Irsyad 02 Cilacap. Adapun metode analisis data menggunakan metode Perbandingan Tetap. Wawancara dilakukan terhadap pihak yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, karyawan, guru reguler, guru kelas akselerasi, orang tua siswa akselerasi, dan siswa akselerasi. Sedangkan observasi dilakukan dengan melihat secara langsung diantaranya proses pembelajaran di dalam kelas akselerasi dan kegiatan ekstra kurikuler, serta menelaah dokumen-dokumen kependidikan. Sekolah penyelenggara akselerasi adalah sekolah yang memberikan perlakuan khusus kepada siswa yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa. Bagi SD Al-Irsyad 02 Cilacap yang telah menjalankan program akselerasi sejak tahun 2007, kemajuan penyelenggaraan program akselerasi tampak signifikan, hal ini bisa dilihat dari kemajuan sarana fisik maupun non fisik. Penelitian ini menyimpulkan: pertama, didapati adanya kesesuaian antara perencanaan pembelajaran di kelas akselerasi dengan hasil identifikasi kebutuhan yang ada pada peserta didik CIBI baik secara akademik, emosional, serta kebutuhan fisik. Kedua, Kurikulum berdeferensiasi merupakan model pembelajaran yang mampu melayani keragaman kebutuhan peserta didik CIBI, karena kemampuan pembelajaran peserta didik CIBI harus diikuti secara individual. Ketiga, evaluasi hasil proses pembelajaran kelas akselerasi telah menerapkan penilaian kinerja dan penilaian autentik dalam penilaian peserta didik CIBI. Keempat, implementasi kurikulum berdiferensiasi pada program akselerasi dapat memberikan pengaruh kepada peningkatkan mutu pendidikan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: akselerasi, kurikulum, diferensiasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Oct 2012 10:25
Last Modified: 17 Oct 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item