Pengaruh Ekstrak Etanol Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) Terhadap Efek Ulserogenik Natrium Diklofenak Pada Tikus

Susiloningrum, Dwi (2012) Pengaruh Ekstrak Etanol Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) Terhadap Efek Ulserogenik Natrium Diklofenak Pada Tikus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Na diklofenak merupakan salah satu obat yang mempunyai efek samping menimbulkan ulkus. Temulawak selain mempunyai fungsi gastroproktektor juga pada dosis besar menyebabkan iritasi lambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol rimpang temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.) terhadap efek ulserogenik Na diklofenak. Metode yang digunakan yaitu rancangan acak lengkap pola searah. Dua puluh ekor tikus jantan galur Wistar dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok I (aquadest) 2,5 ml/200 gBB, kelompok II (Na diklofenak) 15 mg/kg BB, kelompok III(ekstrak etanol rimpang temulawak 100 mg/kgBB) dan kelompok IV(kombinasi). Lima jam setelah perlakuan kemudian dikorbankan dan dinekropsi untuk diambil lambungnya. Ulkus dinilai keparahan lambungnya berdasarkan derajat lesi. Data skor ulkus yang diperoleh dengan uji non parametrik yaitu Kruskal-Wallis Test dan Mann-Withney Two Sample Test, dengan taraf kepercayaan 95%. Uji Kruskal-Wallis Test menunjukkan hasil yang signifikan diantara 4 kelompok, sedangkan uji Mann-Withney menunjukkan perbedaan bermakna antara kelompok I-II, I-III, I-IV, II-III, III-IV dan berbeda tidak bermakna II-IV. Kesimpulan penelitian ini adalah ekstrak etanol temulawak mempunyai pengaruh dalam mengurangi derajat keparahan skor ulkus Na diklofenak sebesar 0,4.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb), Ekstrak etanol, Nadiklofenak, Ulserogenik
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Oct 2012 06:47
Last Modified: 12 Oct 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20651

Actions (login required)

View Item View Item