Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Bahaya Pestisida Dengan Kebiasaan Petani Menggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Ketika Menyemprot Padi Di Desa Laban Kecamatan Mojo Laban

Wijayanti, Alif (2012) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Bahaya Pestisida Dengan Kebiasaan Petani Menggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Ketika Menyemprot Padi Di Desa Laban Kecamatan Mojo Laban. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bba IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (427kB)

Abstract

Pestisida yang digunakan oleh petani dalam melakukan penyemprotan mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Petani yang melakukan penyemprotan tanaman padi tanpa menggunakan alat pelindung diri mempunyai peluang dalam terkena racun pestisida dibanding petani yang menggunakan alat pelindung diri. Alat pelindung diri (APD) bagi petani selama penyemprotan yang utama adalah memakai baju lengan panjang, celana panjang dan masker selain perlengkapan APD lainnya seperti kacamata, sarung tangan, celemek, topi, maupun sepatu boot. Pentingnya penggunaan APD tersebut pada petani tidak terlepas dari pengetahuan petani tentang bahaya pestisida. Hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa masih banyak petani yang memiliki pengetahuan kurang dan banyak yang tidak menggunakan APD saat melakukan penyemprotan padi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang bahaya pestisida dengan kebiasaan petani menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika menyemprot padi di Desa Laban Kecamatan Mojo Laban.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelatif. Populasi penelitian sebanyak 200 petani, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 67petani dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan petani tentang bahaya pestisida dan observasi penggunaan APD. Data penelitian kemudian dilakukan uji secara statistic dengan Chi Square.Hasil penelitian memperlihatkan sebagian besar pengetahuan responden tentang bahaya pestisida kurang dan sebagian besar penggunaan APD kurang. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai 2= 0,120 p = 0,942 dan ditarik kesimpulan tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang bahaya pestisida dengan kebiasaan petani menggunaan alat pelindung diri (APD) ketika menyemprot padi di Desa Laban Kecamatan Mojolaban.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pestisida, petani, alat pelindung diri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Oct 2012 04:50
Last Modified: 09 Oct 2012 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20540

Actions (login required)

View Item View Item