Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Stiffness Knee Dextra Post Repair Anterior Cruciatum Ligament Di RSO. Prof. Dr. Soeharso Surakarta

Kurnia, Anna (2012) Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Stiffness Knee Dextra Post Repair Anterior Cruciatum Ligament Di RSO. Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan statistic medic, rupture Anterior Cruciatum Ligament (ACL) mencapai 60 dari 100.0000 orang per tahun di USA. Anterior Cruciatum Ligament (ACL) merupakan tempat yang paling sering terkena cedera. Hal ini dapat disebabkan karena kontak langsung maupun kontak tidak langsung pada lutut. Tujuan : Untuk mengetahui bagaimana manfaat sinar infra merah dan terapi latihan terhadap pengurangan nyeri, peningkatan kekuatan otot dan peningkatan lingkup gerak sendi pada kasus stiffness knee dextra post repair anterior cruciatum ligament. Metode : Studi Kasus dilakukan dengan pemberian modalitas berupa sinar infra merah dan Terapi Latihan dan dilakukan selama 8 kali terapi. Hasil : Setelah dilakukan terapi selama delapan kali didapatkan hasil adanya pengurangan rasa nyeri, peningkatan kekuatan otot, peningkatan lingkup gerak sendi lutut kanan aktif maupun pasif dan peningkatan kemampuan fungsional. Kesimpulan : Stiffness adalah suatu kualitas kekakuan atau infekleksibilitas atau imobilisasi dan konsolidasi sebuah sendi yang disebabkan oleh penyakit, cedera dan tindakan bedah. Pemeriksaan yang dilakukan penulis menggunakan VAS, MMT, Goneometer dan skala jette. Disini penulis menggunakan modalitas Sinar Infra Merah dan Terapi Latihan passive exercise, active exercise dan hold relax. Setelah dilakukan penatalaksanaan fisioterapi ditemukan hasil adanya penurunan nyeri, peningkatan kekuatan otot, peningkatan lingkup gerak sendi dan peningkatan kemampuan fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stiffness knee, IR, terapi latihan passive exercise, active exercise dan hold relax.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Oct 2012 07:03
Last Modified: 05 Oct 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item