Perbedaan Tingkat Konsumsi Energi, Protein Dan Zat Gizi Mikro Antara Anak Balita Stunting Dan Non Stunting Di Kelurahan Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Putra, Punto Tyas Aditya (2012) Perbedaan Tingkat Konsumsi Energi, Protein Dan Zat Gizi Mikro Antara Anak Balita Stunting Dan Non Stunting Di Kelurahan Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (494kB)

Abstract

Masa balita merupakan masa yang kritis dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, karena pada dua tahun pertama pasca kelahiran merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak yang optimal. Pada kelompok umur inilah prevalensi balita kurus (wasting) dan balita pendek (stunting) mencapai angka tertinggi. Kekurangan gizi pada usia balita ini meliputi kurang energi dan protein serta kekurangan zat gizi seperti vitamin A, zat besi, iodium dan zinc. Prevalensi nasional balita pendek dan balita sangat pendek (stunting) adalah sebesar 35,6%. Tujuan : Mengetahui perbedaan tingkat konsumsi energi, protein dan zat gizi mikro antara anak balita stunting dan non stunting di Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan yang digunakan adalah crossectional. Jumlah sampel penelitian 35 balita masing-masing kelompok stunting dan non stunting yang sesuai dengan kriteria. Data status gizi dan nilai z-skor diperoleh dengan pengukuran tinggi badan (TB). Alat yang digunakan dalam pengambilan panjang dan tinggi badan adalah baby board dan microtoice. Data asupan makan balita diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan form recall yang diambil 3 hari tidak berturut-turut. Uji statistik yang digunakan adalah uji Independent Sampel T Test dan uji Mann Whitney Test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan rata-rata asupan energi, protein, Fe, Zn, vitamin A balita stunting masing-masing adalah 789,19 kCal, 27,65 gr, 4,46 mg, 3,45 mg, 424,23 μg dan rata-rata asupan energi, protein, Fe, Zn, vitamin A balita non stunting masing-masing adalah adalah 1050,99 kCal, 37,71 gr, 7,73 mg, 4,86 mg, dan 576,58 μg. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara tingkat konsumsi energi (p=0,001), protein (p=0,007), Fe (p=0,000), Zn (p=0,000) dan vitamin A (p=0,001) antara balita stunting dan non stunting Kesimpulan : Adanya perbedaan antara tingkat konsumsi energi, protein, Fe, Zn dan Vitamin A antara balita stunting dan non stunting di Kelurahan Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Saran: Untuk penelitian lanjutan bisa menambah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi status gizi seperti infeksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Asupan Energi, Protein, Fe, Zn dan Vitamin A
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Oct 2012 05:47
Last Modified: 13 Sep 2022 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20409

Actions (login required)

View Item View Item