Oktriani, Dewi Catur (2012) Pemahaman Dan Perilaku Keagamaan (Studi Empirik Di Kelas V SD Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (652kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (700kB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling Islami adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami masalah yang timbul pada dirinya, sehingga timbul pada diri pribadinya atau cahaya harapan bagi kebahagiaan hidup di saat sekarang dan masa depannya. Rumusan masalah ini adalah bagaimana fungsi bimbingan dan konseling Islami di SD Muhammadiyah Program Unggulan Gedongan Colomadu Karangayar dan bagaimana upaya yang dilakukan bimbingan konseling Islami dalam menangani kenakalan siswa di SD Muhammadiyah Program Unggulan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas layanan bimbingan dan konseling dan juga dapat dipergunakan sebagai dasar pertimbangan bagi pengembangan program- program bimbingan dan konseling di sekolah. Tujuan dari bimbingan dan konseling Islami di SD Muhammadiyah Program Unggulan yakni pribadi, sosial, dan belajar. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian, subjek penelitian, metode pengumpulan data, antara lain: metode observasi wawancara, dokumentasi dan juga metode analisis data yakni deduktif dan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian siswa kelas 6, guru BK, wali kelas. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata- kata tertulis dari orang dan perilaku yang diamati). Dalam menganalisis fungsi dan upaya dalam bimbingan konseling Islami dilakukan analisis induktif dan komparatif untuk mengetahui perbedaan antara siswa sebelum mendapat bimbingan konseling Islami dan setelah mendapatkannya. Kesimpulan, penelitian ini adalah fungsi yang dilakukan BK dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islami (BKI) di SD Muhammadiyah Program Unggulan memiliki fungsi positif, karena tugas dari BK adalah membuat program BK, membantu memecahkan permasalahan siswa dan mengembangkan motivasi dalam belajar siswa, untuk membentuk kepribadian siswa yang berilmu dan berakhlakul karimah, dan upaya dalam motivasi dalam BKI dilakukan dengan cara seperti pengarahan, kedisiplinan dalam menjalankan sholat, pembiasaan berinfaq dan saling menghormati guru. Serta pengadaan sarana multimedia dari sekolah untuk kenyamanan BK dalam menyelesaikan permasalahan siswa. setelah mendapatkan BKI beberapa siswa bisa menemukan arti dan tujuan hidupnya, serta bisa memahami bahwa masalah yang datang adalah ujian dan bisa selesai melalui proses waktu, maka mereka mulai berjuang demi hidupnya sendiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan bimbingan konseling Islami |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 09:55 |
Last Modified: | 01 Oct 2012 09:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20387 |
Actions (login required)
View Item |