Rahmawati, Lina (2012) Strategi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Di SDIT Az Zahra Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (438kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anak usia Sekolah Dasar biasanya mempunyai potensi untuk berkarakter yang kuat dan baik. Anak yang berkarakter tentunya mempunyai sikap dan perilaku yang baik pula, seperti sikap tanggung jawab, jujur, dan menghormati orang lain. Anak yang berkarakter baik biasanya tidak akan mengalami kesulitan dalam bergaul dengan temannya maupun orang lain, selain itu anak juga mempunyai kepekaan tinggi terhadap lingkungan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penanaman nilai pendidikan karakter dan metode apa yang digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan metode yang digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra Sragen. Sedangkan manfaat penelitian yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam bidang pendidikan Islam tentang strategi penanaman nilai pendidikan karakter, dan dapat menjadi bahan masukan bagi lembaga pendidikan terkait dalam pengembangan atau peningkatan strategi penanaman pendidikan karakter, dan dijadikan pembanding bagi penelitian sejenisnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Pengumpulan data, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode: a). Observasi, b). Wawancara c). Dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi penanaman nilai pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra yang pertama yaitu: Penyusunan progam kegiatan-kegiatan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra didasarkan pada nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditentukan agar progam kegiatan yang disusun tepat sasaran, Strategi yang kedua, yaitu: Strategi melalui pengembangan kerjasama dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak. Pengembangan kerjasama dengan ketiga lingkungan belajar anak (lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat). Adapun metode yang digunakan yaitu: a) metode keteladanan, b). metode pembiasaan, c) metode monitoring, d) metode sanksi/ penghargaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi penanaman nilai pendidikan karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 07:05 |
Last Modified: | 01 Oct 2012 07:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20380 |
Actions (login required)
View Item |