Efektifitas Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Ulfah, Sovia (2012) Efektifitas Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (368kB)

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia diakibatkan oleh proses pendidikan yang tidak maksimal dan rendahnya kualitas guru. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Sertifikasi guru merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas seorang guru. SMP Muhammadiyah 10 Surakarta mejadi salah satu sekolah unggulan di kota Surakarta, maka dalam program sekolahnya SMP Muhammadiyah 10 Surakarta terus mengembangkan diri untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah pelaksanaan sertifikasi yang diikuti oleh guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta?, (2) Adakah efek positif sertifikasi terhadap kinerja guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta?, (3) Adakah faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta?. penelitian ini bertujuan untuk: a) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan sertifikasi yang diikuti oleh guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, b) untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektifitas sertifikasi terhadap kinerja guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, c) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah khasanah keilmuan bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya (manfaat teoritis), dan memberi sumbangan sara dan pemikiran mengenai sertifikasi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta (manfaat praktis). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data utama (primer) yang penulis wawancarai untuk kelengkapan penelitian ini adalah: Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dan Guru SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang telah besertifikasi. Sedangka sumber data tambahan (sekunder) dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen dan hasil observasi yang penulis lakukan. Adapun metode-metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu: a) pengumpulan dan reduksi data, b) penyajian data, c) penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis data dengan pendekatan kualitatif, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan Sertifikasi Guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dilaksanakan di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS). LPTK yang ditunjuk sebagai penyelenggara adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). (2) Sertifikasi memiliki efek positif terhadap kinerja guru, hal ini dapat dilihat dengan indikator sebagai berikut: a) perencaaan pembelajaran, b) pelaksanaan pembelajaran, dan c) evaluasi pembelajaran. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru: Pertama faktor internal meliputi: hati nurani, motivasi, bakat dan cita-cita. Kedua faktor eksternal meliputi: tunjangan, lingkungan kerja, sarana prasarana, kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2012 06:18
Last Modified: 29 Sep 2012 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

View Item View Item