Pikatan, Angga Jati (2012) Hubungan Persepsi Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Prestasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (338kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bba III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan salah satu aspek penting dalam proses belajar. Berhasil atau tidaknya anak dalam proses belajar dapat dilihat dari prestasi belajarnya. Seorang anak yang memiliki prestasi belajar yang tinggi dapat dikatakan bahwa anak mampu menguasai pembelajaran yang diberikan disekolah khususnya, dan sebaliknya seorang anak yang memiliki prestasi belajar yang rendah akan dapat diartikan bahawa anak tidak mampu menguasai pembelajaran yang diajarkan di sekolah. Dalam hal proses belajar hasil prestasi belajar ditandai dengan nilai siswa, yang didapatkan dari serangkaian evaluasi ataupun tes yang diperikan kepada siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah keluarga, terkait dengan pola asuh yang diterapkan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara persepsi pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Karangmalang Sragen. Total subjek ada 71 orang. Penelitian ini menggunakan studi populasi dengan menjadikan seluruh anggota populasi menjadi subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi pola asuh demokratis orang tua dan dokumentasi prestasi belajar siswa pada tengah semester genap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,547; p = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar. Sumbangan efektif variabel persepsi pola asuh demokratis orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 29,9% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) = 0,299. Hal ini berarti masih terdapat 70,1% variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar diluar variabel persepsi pola asuh demokratis orang tua.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Pola Asuh Demokratis Orang Tua , Prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Sep 2012 06:08 |
Last Modified: | 28 Sep 2012 06:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20351 |
Actions (login required)
View Item |