MUSTAIN, SALAM (2012) Fungsi Masjid Dalam Pendidikan Islam Bagi Masyarakat (Studi Empirik Di Masjid Umar Bin Khattab Ngabeyan, Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
03.BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
Abstract
Masjid merupakan tempat yang sangat penting bagi umat Islam, sebab masjid berfungsi sebagai pusat kegiatan umat Islam. Masjid pada masa Rasulullah memiliki beberapa fungsi seperti tempat ibadah, pusat pembinaan akhlak jamaah, pengembangan agama Islam, dan pusat dakwah dan pelayanan sosial. Seiring berjalannya waktu fungsi masjid mulai berubah. Pada masa sekarang banyak masjid yang hanya berfungsi sebagai tempat sholat jamaah saja. Sehingga masjid menjadi sepi, baik sepi dari kegiatan maupun sepi dari jamaah. Kemakmuran masjid memiliki hubungan erat dengan pendidikan Islam. Pendidikan Islam merupakan media untuk mengajak seseorang memakmurkan masjid. Pendidikan Islam memberikan motivasi seseorang untuk selalu pergi ke masjid Meskipun banyak masjid yang sepi dari kegiatan tetapi masih ada masjid yang memiliki kegiatan yang padat salah satunya masjid Umar Bin Khattab Ngabeyan, Kartasura. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian dengan judul Fungsi masjid dalam Pendidikan Islam Bagi Masyarakat (Studi Empirik di Masjid Umar Bin Khattab Ngabeyan Kartasura). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa fungsi masjid Umar Bin Khattab dalam pendidikan Islam bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fungsi masjid Umar Bin Khattab dalam pendidikan Islam bagi masyarakat. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di masjid Umar Bin Khattab. Sedangkan pendekatan yang penulis pakai adalah pendekatan sosiologis. Data dari penelitian ini diperoleh melalui interview, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Masjid Umar Bin Khattab dalam rangka memakmurkan masjid memiliki beberapa kegiatan, baik yang bersifat rutin maupun insidental. Jenis-jenis kegiatan itu berupa peribadatan seperti sholat jamaah lima waktu,dan sholat Jumat, pengajian rutin dan takblig akbar, dan kegiatan sosial seperti penyaluran zakat fitrah, penyaluran bantuan bencana alam, dan buka bersama. Kesimpulan dari penelitian ini bahwasanya masjid Umar Bin Khattab Ngabeyan, Kartasura berfungsi sebagai tempat ibadah, menuntut ilmu agama, pusat dakwah dan pelayan masyarakat, sedangkan fungsi masjid ini dalam pendidikan Islam bagi masyarakat adalah sebagai sarana atau tempat memperdalam ilmu agama bagi jamah khususnya dan masyarakat sekitar masjid pada umumnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Masjid , Pendidikan Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 27 Sep 2012 15:09 |
Last Modified: | 27 Sep 2012 15:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20343 |
Actions (login required)
View Item |