Rahmawati, Elia Dewi (2012) Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa Dengan Perilaku Agresif Siswa SMP Murni 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (849kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perilaku agresif merupakan suatu bentuk perilaku yang dilakukan untuk melukai seseorang yang dilakukan dengan jalan kekerasan dan mengandalkan kekuatan fisik maupun verbal dengan maksud untuk menyakiti, mengintimidasi baik secara fisik maupun psikis. Penyaluran agresifitas tersebut tidak selalu bersifat buruk jika dapat dikendalikan dan disalurkan. Perilaku agresif yang dimiliki siswa tidak hanya akan merugikan siswa itu sediri namun juga akan manimbulkan masalah pada lingkungan sekitar, perilaku agresif yang berlebihan juga dapat merusak kepribadiaan dari siswa yang bersangkutan. Perilaku agresif dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu kedisiplinan. Kedisiplinan ditandai dengan sikap kesadaran, ketaatan, dan kepatuhan dengan tata tertib, norma-norma, peraturan dan ketentuan-ketentuan baik yang dibuat sendiri maupun yang disepakati bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa terhadap perilaku agresif siswa SMP Murni 1 Surakarta. Hipotesis yang diajukan : Ada hubungan antara kedisiplinan siswa dengan perilaku agresif pada siswa SMP Murni 1 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Murni 1` Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku agresif siswa SMP Murni 1 Surakarta dan skala Kedisiplinan siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode analisis data menggunakan product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment diketahui ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap perilaku agresif siswa SMP Murni 1 Surakarta ditunjukkan dengan nilai r = 0,890; p = 0,000 (p < 0,01). Semakin tinggi kedisiplinan siswa maka akan semakin tinggi pula perilaku agresif. Sebaliknya semakin rendah kedisiplinan siswa makan akan semakin rendah perilaku agresif. Kedisiplinan siswa tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik=35,35 dan rerata hipotetik=40. Variabel perilaku agresif memperoleh rerata empirik=29,14 dan rerata hipotetik=30. Artinya perilaku agresif pada subjek tergolong sedang. Kesimpulan penelitian ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara Kedisiplinan terhadap perilaku agresif Siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif kedisiplinan siswa terhadap perilaku agresif sebesar 79,3%, berarti masih terdapat 20,7% yang mempengaruhi Kedisplinan siswa diluar perilaku agresif, seperti faktor dari lingkungan sosial, budaya atau pola asuh
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan, perilaku agresif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Sep 2012 10:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2012 10:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20309 |
Actions (login required)
View Item |