Riyadina, Arista (2012) Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Mandarin Dasar Menggunakan Macromedia Flash 8. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (563kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (590kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi pendidikan saat ini mengindikasikan bahwa perkembangan teknologi semakin maju. Penggunaan bahasa asing pun dibutuhkan untuk standarisasi internasional. Salah satu contohnya adalah penggunaan bahasa Mandarin dalam sebagian proses pendidikan. Oleh karena itu tuntutan mempelajari bahasa Mandarin semakin banyak. Namun media pembelajarannya masih secara konvensional atau tradisional yaitu berupa kertas, papan tulis, dan buku yang terkesan kurang menarik dan membosankan, sehingga siswa masih sulit mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran pengenalan bahasa Mandarin dasar serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini adalah pengumpulan data meliputi observasi dan penyebaran angket, pembuatan storyboard , membuat desain layout menggunakan Unified Modelling Language (UML). Perancangan sistem media pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat membantu dalam penyampaian dan pemahaman materi pengenalan bahasa Mandarin dasar khususnya dalam pengenalan huruf phonetic (pinyin), nada (tones) dan goresan (strokes) dengan tampilan yang menarik. Intrument penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah kuisioner yang disebarkan kepada 20 responden. Berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 70% responden atau 14 dari 20 responden menyatakan setuju bahwa media pembelajaran interaktif ini menarik dan jelas dalam penyampaian materi. Dengan kata lain , perancangan dan pembuatan media pembelajaran interaktif pada pengenalan bahasa Mandarin dasar menggunakan Macromedia flash 8 memberikan tampilan yang menarik dan penyampaian materi yang jelas sehingga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Interaktif, Multimedia, Bahasa Mandarin dan Macromedia Flash 8 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Esti Handayani |
Date Deposited: | 26 Sep 2012 10:53 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 08:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20270 |
Actions (login required)
View Item |