Pemodelan Spasial Untuk Panduan Jalur Mobilitas Penduduk Kelurahan Condongncataur Menuju Pusat-Pusat Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta (Inner Ringroad)

Priyanto, Teguh (2012) Pemodelan Spasial Untuk Panduan Jalur Mobilitas Penduduk Kelurahan Condongncataur Menuju Pusat-Pusat Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta (Inner Ringroad). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN+KATA_PENGANTAR+DAFTAR_ISI.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (549kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dampak dari bertambahnya jumlah penduduk yaitu meningkatnya kegiatan atau aktivitas (mobilitas penduduk) yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya pada suatu wilayah atau kota. Mobilitas ini memerlukan sarana dan prasarana transportasi yang memadai baik secara kualitas maupun kuantitas. Kegiatan mobilitas penduduk merupakan suatu interaksi yang terjadi antara manusia terhadap tata guna lahan. Interaksi yang terjadi antara penduduk dengan pusat-pusat pelayanan akan menimbulkan arus pergerakan/mobilitas penduduk dari tempat tinggalnya ke pusat-pusat pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhanya. Permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan mobilitas saat ini adalah masalah transportasi perkotaan umumnya meliputi kemacetan lalulintas, parkir, angkutan umum, polusi dan masalah ketertiban lalulintas. Seperti yang terjadi saat ini dibeberapa ruas jalan akses masuk menuju wilayah Kota Yogyakarta mengalami kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi alternatif kususnya bagi penduduk Kelurahan Condongcatur mengenai jalur-jalur yang efektif untuk dilalui dalam melakukan mobilitas dengan membuat suatu pemodelan rute optimal dalam dengan memantaatkan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis (SIG). Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua analisis, berupa analisis spasial uji akurasi interpretasi citra Quickbird yang merupakakan bagian dari metode penginderaan jauh dan analisis jalur dengan menggunanakan network analyst pada software ArcGIS 9.10 yang merupakan subsistem dari sistem informasi geografis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengkaji kemampuan hasil interpretasi citra Quickbird, menghitung nilai impedasi lahan hambatan samping dan kecepatan rata-rata. Jalur yang dipilih merupakan jalur yang memiliki nilai impedansi paling kecil dan kecepatan rata-rata paling tinggi. Data yang digunakan sebagai sebagai parameter dalam penetuan jalur mobilitas adalah kecepatan rata-rata lintasan jalan, waktu tempuh dan gangguan samping jalan. Data waktu tempuh pada suatu ruas jalan diperoleh dari hasil pembagian antara panjang setiap ruas jalan dengan kecepatan rata-rata. Panjang raus jalan dapat diperoleh secara otomatis dari proses calculate geometry pada ArcGIS 1.10, sedangkan data kecepatan rata-rata lintasan jalan diperoleh dari data sekunder. Informasi mengenai ganggunan samping jalan dapat diketahui dari proses interpretasi penggunaan lahan samping jalan dengan bantuan citra Quickbird. Hasil akhir dari penelitian ini berupa beberapa model jalur-jalur mobilitas penduduk Kelurahan Condongcatur yang dapat memberikan informasi mengenai jalur yang optimal dan terkedat menuju pusat-pusat pelayanan publik dengan nilai impedansi 0, seperti halnya pada jalur dari JL. Kaliurang menuju kantor Cabang BRI D.I Yogyakarta yang melintasi JL. Persatuan kemudian belok kiri ke JL. Terban dan belok kanan ke JL. Cik Ditiro dan tiba di Kantor Cabang BRI D.I Yogyakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMODELAN SPASIAL UNTUK PANDUAN JURAL MOBILITAS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Sep 2012 10:38
Last Modified: 26 Sep 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20267

Actions (login required)

View Item View Item