Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Information Sharing Terhadap Hubungan Partisipasi Penyusunan Anggaran Dengan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kabupaten Sukoharjo)

Wulandari, Selvi (2012) Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Information Sharing Terhadap Hubungan Partisipasi Penyusunan Anggaran Dengan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (420kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan information sharing terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi perusahaan agar perusahaan dapat memaksimalkan sistem komitmen organisasi dan information sharing pada perusahaan yang diukur dengan penyusunan anggaran dan kinerja manajerial, juga dapat dijadikan evaluasi bagi perusahaan yang dijalankan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survey yang bertujuan untuk menjelaskan analisis pengaruh komitmen organisasi dan information sharing terhadap hubungan partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah moderated regression analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer menengah yang bekerja pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo, sedangkan sampel penelitian adalah 104 manajer menengah yang bekerja pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengujian hipotesis pertama (H1) dengan analisis regresi linier berganda memperoleh nilai thitung sebesar 2,989 dan p-value sebesar 0,004. Karena nilai p<0,05, maka H1 diterima. Berarti partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Pengujian hipotesis kedua (H2) dengan analisis regresi metode MRA memperoleh nilai thitung untuk interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan komitmen organisasi sebesar 0,800 dan p-value sebesar 0,425. Karena p>0,05 H2ditolak pada taraf signifikansi 5% dan H2ditolak; artinya interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial atau komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Pengujian hipotesis ketiga (H3) dengan analisis regresi metode MRA memperoleh nilai thitung untuk interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan information sharing sebesar 0,853 dan p-value sebesar 0,396. Karena p>0,05 maka H3ditolak pada taraf signifikansi 5% dan H3ditolak;artinya interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan information sharing tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial atau information sharing tidak berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, komitmen organisasi, information sharing, kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2012 05:00
Last Modified: 26 Sep 2012 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item