Prasetiyo , Erik Dwi (2012) Pemodelan Animasi Teknik Gerakan Lempar Pada Olahraga Atletik Menggunakan Software Blender. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (23kB) |
|
PDF (BAb II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (BAb IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (DAftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
|
PDF (NAskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (2MB) |
|
PDF (LAmpiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Atletik adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada proses pembelajaran pendidikan jasamani. Gerak yang terdapat pada atletik juga terdapat pada cabang olahraga lainnya. Oleh karena itu atletik juga dikatakan sebagai induk dari semua cabang olahraga. Dalam atletik di ajarkan gerak dasar yang dapat diaplikasaikan kepada cabang olahraga lainnya. Berdasarkan suatu penelitian dengan pembuatan tutorial pembelajaran gerakan-gerakan atletik dengan menggunakan objek 3D akan lebih menarik dan mudah dimengerti daripada objek yang hanya 2D. Blender adalah software pengolah objek 3D yang akan digunakan untuk pembuatan aplikasi ini. Pedoman yang dipakai dalam pembuatan aplikasi ini adalah tutorial gerakan lempar pada olahraga atletik. Perancangan aplikasi ini akan dilakukan secara bertahap mulai dari pembuatan objek 3D, penggunaan animasi setiap objek, pemberian logika, dan yang terakhir pembuatan scene untuk setiap tutorial dan gerakannya. Selain Blender, perancangan aplikasi ini juga membutuhkan software pendukung untuk editing gambar dan suara. Aplikasi ini menyediakan informasi bagi pengguna untuk dapat mengetahui gerakan-gerakan lempar pada olahraga atletik dengan melihat gerakan secara 3D disertai panduan gerak dan teks dalam bentuk tulisan maupun suara. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu masyarakat dan siswasiswa dalam mengetahui sekaligus mempelajari gerakan-gerakan lempar pada olahraga atletik, dan pada aplikasi ini berguna sebagai pendorong motivasi agar kita giat berolahraga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gerakan atletik, Blender, 3D, Animasi, Keterampilan Dasar Atletik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Sep 2012 11:17 |
Last Modified: | 24 Sep 2012 11:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20200 |
Actions (login required)
View Item |