Pengaruh Variasi Komposisi Serbuk Kayu Jati,Serbuk Aluminium Dan Serbuk Tembaga Terhadap Kekuatan Aus Dan Kekerasan Kampas Kopling Gesek Sepeda Motor

Na’im, Ahmad Bahrun (2012) Pengaruh Variasi Komposisi Serbuk Kayu Jati,Serbuk Aluminium Dan Serbuk Tembaga Terhadap Kekuatan Aus Dan Kekerasan Kampas Kopling Gesek Sepeda Motor. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (444kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi serbuk Kayu Jati, serbuk Aluminium dan serbuk Tembaga terhadap kekuatan aus dan kekerasan dari speSimen kampas kopling, dan mengetahui pengaruh komposisi bahan terhadap sifat fisik dari kampas kopling dengan struktur mikro. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk kayu jati, serbuk almunium, serbuk tembaga dan resin polyester. Kemudian dalam pembuatan dilakukan proses kompaksi dengan gaya sebesar 3 Ton dan ditahan selama 60 menit. Setelah mencapai holding time yang diinginkan, dies (cetakan) dimasukkan kedalam oven dan dilakukan proses sintering dengan suhu 1800C selama 40 menit dan spesimen dikelurkan dari cetakan. Setelah didapat tiga spesimen kampas kopling variasi serbuk kayu jati, serbuk aluminium, dan serbuk tembaga lalu dilakukan proses pengujian kekerasan Brinell dan pengujian keausan kemudian dilakukan foto struktur mikro untuk melihat kepadatan dan sifat masing-masing bahan penyusun spesimen kampas kopling sepeda motor. Dari data hasil pengujian kekerasan dan keausan kampas kopling, dimana dari serbuk almunium divariasikan sebesar 40%, 30%, dan 20%. Yang paling baik yaitu serbuk almunium 30%. Sedangkan serbuk tembaga yang divariasikan sebesar 40%, 30%, dan 20% yang paling baik yaitu serbuk tembaga 30%. Jadi komposisi yang akan diaplikasikan dalam pembuatan sempel kampas adalah 30% serbuk almunium, 30% serbuk tembaga, 20% serbuk kayu jati, dan 20% resin polyester dengan harga kekerasan 3,34 kg/mm2 dan harga keausan 0,6 g/jam uji kering 0,21 mm/jam uji basah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kampas kopling, Serbuk Kayu Jati, Serbuk Almunium, Serbuk tembaga, kekerasan, keausan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Sep 2012 09:10
Last Modified: 24 Sep 2012 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item View Item