Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep, Kedawung, Sragen

Indrawati CS, Ratna I (2012) Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep, Kedawung, Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasih_Ilmiah.pdf

Download (673kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan gerak dan lagu di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep,Kedawung, Sragen. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok Anyeir 1 Kb Tunas Melati 1 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 14 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan hasil karya. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan gerak dan lagu. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi empat deskriptor yaitu (MT) kemampuan anak yang melampaui target, (BN) kemampuan anak yang berjalan normal, (PD) kemampuan anak yang perlu ditingkatkan, (PPK) kemampuan anak yang perlu perhatian khusus. Sebelum adanya tindakan nilai rata-rata kelas 8,5 dengan prosentase 30,35% setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 12,07 dengan prosentase 43,11%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 20,5 dengan prosentase 73,21% dan di akhir tindakan yaitu pada siklus III rata-rata kelas menjadi 23,85 dengan prosentase 85,17%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Kinestetik, Kegiatan Gerak dan Lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Sep 2012 12:52
Last Modified: 21 Sep 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20147

Actions (login required)

View Item View Item