Strategi Satuan Lalu Lintas Dalam Mengurangi Pelanggaran Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Polresta Surakarta

Candra, Rosie Norman (2012) Strategi Satuan Lalu Lintas Dalam Mengurangi Pelanggaran Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Polresta Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (575kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_SKRIPSI.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Kondisi lalu lintas di kota Surakarta semakin bertambah padat dan macet dikarenakan banyaknya pengendara kendaraan bermotor maupun pengemudi angkutan umum yang lalu lalang di jalan raya. Pelanggaran sebagai peristiwa yang tidak tentu, sering kali berakibat meluas sampai di luar diri manusia yang menjadi korban pelanggaran lalu lintas itu. Oleh karena pelanggaran lalu lintas mempunyai dampak yang besar sesuai dengan kondisinya, maka diperlukan strategi dan langkah-langkah perbaikan sistem administrasi, prosedur dan mekanisme yang berfungsi untuk menciptakan suatu kondisi ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis menyusun skripsi yang berjudul strategi satuan lalu lintas dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polresta Surakarta. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab pelanggaran lalu lintas di kota Surakarta dan strategi apa yang dikembangkan SatLantas dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polresta Surakarta. Metode penulisan skripsi ini, dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian yuridis empiris. Data sekunder maupun data primer dikumpulkan dengan cara studi pustaka dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penelitian kepustakaan baik buku-buku, peraturan perundang-undangan, tulisan-tulisan, dan dokumendokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa faktor yang menjadi penyebab pelanggaran di kota Surakarta adalah faktor manusia sebagai pengguna jalan. Kurangnya kesadaran pengguna jalan terhadap peraturan-peraturan lalu lintas merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran lalu lintas. Oleh karena itu, Satlantas mengembangkan strategi untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas dengan metode preventif (pencegahan) dan metode represif (penanggulangan). Beberapa kegiatan yang telah dikembangkan melalui metode preventif antara lain dengan melakukan pengaturan faktor jalan, faktor kendaraan, faktor sistem lalu lintas, dan faktor manusia. Kegiatan melalui metode represif berupa stasioner (razia) dan haunting system (sistem pengawasan). Pada saat ini, kegiatan yang diutamakan Satlantas Polresta Surakarta adalah dengan haunting system (sistem pengawasan) untuk mencegah dan menindak tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan raya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketertiban dan kelancaran lalu lintas mewujudkan keselamatan lalu lintas
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Sep 2012 08:42
Last Modified: 20 Sep 2012 08:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20124

Actions (login required)

View Item View Item