Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Storybook Readingdi Kelompok B Tk Aisyiyah I Kacangan Andong Tahun Pelajaran 2012/2013

PARWANTI, YANNI (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Storybook Readingdi Kelompok B Tk Aisyiyah I Kacangan Andong Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode storybook reading di kelompok B TK Aisyiyah 1 Kacangan Andong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B TK Aisyiyah 1 Kacangan Andong Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 19 anak didik. Obyek penelitian ini adalah penerapan metode storybook reading untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Metode pengumpulan data kemampuan membaca permulaan di peroleh melalui observasi , wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data di analisis melalui hasil membandingkan data hasil kemampuan membaca permulaan anak dengan indikator setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode storybook reading mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Hal ini dapat di tunjukkan dari hasil evaluasi terhadap anak sebelum dan sesudah penelitian serta minat atau respon anak didik terhadap buku setelah penelitian tindakan kelas selesai dilaksanakan. Kemampuan membaca permulaan anak dalam hal mengenal huruf, menyebutkan suku kata awal dan suku kata akhir yang sama, membuat gambar dan menceritakan gambarnya sendiri serta menghubungkan dan menyebut tulisan dengan gambar yang sesuai dan menulis namanya sendiri semakin meningkat tiap putarannya. Dari hasil observasi prasiklus kemampuan membaca permulaan anak menunjukkan 41,3%, siklus 1 56,1%, siklus II 72,8% dan siklus III 82,8%. Ini berarti kemampuan membaca permulaan anak mengalami peningkatan melalui metode storybook reading dan mendapat tanggapan yang positif dari anak didik karena pembelajaran lebih berkesan, menarik dan bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode storybook reading, membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:12
Last Modified: 19 Sep 2012 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20096

Actions (login required)

View Item View Item