Peningkatan Minat Belajar Matematika Tentang Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumang Semester 1 Tahun 2012/2013

Tarno, Tarno (2012) Peningkatan Minat Belajar Matematika Tentang Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumang Semester 1 Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (366kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar di kelas terdapat keterkaitan yang erat antara guru, siswa, kurikulum, sarana dan prasarana. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian kelas IV SD Negeri 2 Tumang UPT Dikdas dan LS Kecamatan Cepogo semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Data minat siswa dikumpulkan dengan pedoman observasi dan data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pelaksanaan tindakan diawali dengan membagi kelas menjadi lima kelompok, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran , kerja kelompok mengerjakan LKS, presentasi kelompok, dan latihan soal-soal. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD dengan power point sebagai media pada pembelajaran bangun datar dapat meningkatkan minat siswa dan 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata 64,40 dan ketuntasan klasikal 72% pada siklus I menjadi rata-rata hasil belajar 75,60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Type STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif pilihan pada pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif STAD dan minat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 12:01
Last Modified: 18 Sep 2012 12:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item