Perancangan Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Multimedia

Nuranggraini, Wulan and , Aris Rakhmadi and , Ady Purna Kurniawan (2012) Perancangan Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Multimedia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (554kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Nahwu adalah kaidah-kaidah untuk mengetahui bentuk, keadaan dan jabatan kalimat ketika sendiri maupun tersusun. Terkadang mempelajari Ilmu Nahwu akan membosankan karena menggunakan banyak buku, dan tidak jarang pula banyak buku tentang Ilmu Nahwu yang masih dalam Bahasa Arab yang sulit untuk dipahami. Media pembelajaran ini berbasis pada multimedia dengan diterapkan metode pembelajaran menggunakan komputer. Komputer sebagai media tutorial memiliki keunggulan dalam hal interaksi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak membosankan. Media pembelajaran Ilmu Nahwu berbasis pada multimedia di rancang guna memudahkan user untuk mempelajari Ilmu Nahwu dasar menjadi lebih efektif dan efisien, selain itu user juga diperkenalkan alternatif pembelajaran Ilmu Nahwu dengan media digital. Tahap pertama perancangan media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Tahap kedua media pembelajaran dibangun menggunakan Adobe Flash Professional CS5 sebagai development tool, Audacity 2.0 untuk perancangan audio pembelajaran dan Fontboard Arabic Keyboards sebagai font penulisan dalam huruf Arab, selanjutnya dilakukan pengujian sistem. Pengujian berupa pemberian kuisioner dan pengujian sistem kepada pengguna sistem. Hasil dari perancangan adalah aplikasi multimedia tentang pembelajaran Ilmu Nahwu dasar yang berisi tentang definisi setiap bab, contoh kalimat, latihan soal dan contoh paragraf dalam bahasa arab. Hasil dari kuisioner 41,6 % pengguna (user) menyatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran lebih mudah dipahami daripada metode konvensional untuk dapat mempelajari Ilmu Nahwu dasar sebagai awal dari belajar Bahasa Arab sesuai dengan kaidahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Nahwu, Multimedia, E-learning
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TZ Technical Information
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2012 11:03
Last Modified: 31 Oct 2022 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item View Item